Sunday, December 6, 2020

8. Ibnu Haitham


Abu Ali Muhammad al-Hassan ibnu al-Haitham atau Ibnu Haitham (lahir di Basra, 965 M dan meninggal di Kairo 1039 M), dikenal dalam kalangan cerdik pandai di Barat, dengan nama Alhazen, adalah seorang ilmuwan Islam yang ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat. Ia banyak pula melakukan penyelidikan mengenai cahaya, dan telah memberikan ilham kepada ahli sains barat seperti Boger, Bacon, dan Kepler dalam menciptakan mikroskop serta teleskop. Bidang lain yang ditekuninya adalah fisika, optik dan matematika.

Ibnu Haitham tinggal di Kairo, Mesir dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menulis risalah dan mengajar. Karya Ibnu Haitham yang paling terkenal adalah Kitab al-Manazir (Buku tentang Optik) berupa 7 jilid risalah yang ditulisnya pada antara tahun 1011 sampai 1021. Karyanya ini kemudian diterjemahkan ke Bahasa Latin pada akhir abad ke-12 atau awal abad ke-13. 


No comments:

Post a Comment

3. Al-Farazi

Al-Farazi (wafat pada tahun 790 M) adalah perintis alat astrolab planisferis yaitu mesin hitung analog pertama, sebagai alat bantu astronomi...