Sunday, December 13, 2020

4. Al-Khwarizmi



Muhammad ibnu Musa Al-Khawarizmi (780-850 M) adalah seorang pakar dalam bidang matematik, astronomi dan geografi dari Iran. Orang-orang Eropa menyebutnya dengan nama Al-Gorisma. Al-Khwarizmi adalah yang pertama menemukan logaritma (berasal dari nama Al-Khwarizmi) dan aljabar (Al-Jabr). Dan di bidang ilmu bumi ia dikenal dengan bukunya yaitu Kitab Surah al-Ardh yang menyatakan bahwa bumi itu bulat (jauh sebelum Galileo mendeklarasikannya). 

Al-Khawarizmi juga dikenal sebagai Bapak Algebra (Al-Jabar). Nama itu kemudian dipakai orang-orang barat dalam arti kata aritmatika atau ilmu hitung. Mengapa? Karena dia adalah seorang muslim yang pertama-tama dan ternama dalam ilmu matematika dan ilmu hitung. Bukunya yang terkenal berjudul Al-Jabar Wal Muqobalah, kemudian buku tersebut disalin oleh orang-orang barat dan sampai sekarang ilmu itu kita kenal dengan nama Al-Jabar.


No comments:

Post a Comment

3. Al-Farazi

Al-Farazi (wafat pada tahun 790 M) adalah perintis alat astrolab planisferis yaitu mesin hitung analog pertama, sebagai alat bantu astronomi...