Thursday, June 18, 2020

15. Bernard Curtois (Penemu Iodin/Yodium)




Pada awal abad ke-19, Bernard Curtois mempunyai sebuah pabrik yang memproduksi saltpeter (potassium nitrat), yang menjadi bahan utama dalam pembuatan ammunisi. Ia mengambilnya potassium nitrat dari ganggang laut yang ia cuci setiap hari di tepi pantai. Ia hanya mengumpulkan, membakar dan mengekstraksi potassium dari debu hasil pembakaran ganggang laut itu.

Suatu hari saat para pekerjanya membersihkan tangki yang telah digunakan untuk mengekstrasi potassium, mereka melakukan suatu kesalahan dengan menggunakan asam yang lebih kuat dari biasanya. Sebelum mereka dapat mengucapkan “Sacre bleu!”, asap misterius keluar dari tangki. Saat asap mulai menghilang, Curtois menemukan kristal-kristal gelap pada seluruh permukaan yang terkena asap, kemudian ia menganalisisnya dan menemukan suatu elemen asing yang tidak diketahui yang disebut iodine. 




Iodine banyak ditemukan dalam air laut dan ganggang laut. Pembengkakan kelenjar thyroid (penyakit gondok) disebabkan kurangnya asupan iodin dalam makanan. Jadi iodin harus selalu ditambahkan dalam makanan sehari-hari. 

No comments:

Post a Comment

3. Al-Farazi

Al-Farazi (wafat pada tahun 790 M) adalah perintis alat astrolab planisferis yaitu mesin hitung analog pertama, sebagai alat bantu astronomi...