Wednesday, June 17, 2020

10. Christopher Columbus



Christopher Columbus adalah seorang pelayar ternama. Ia lahir Genoa sekitar tahun 1446. Sejak usia 15 tahun ia telah berlayar. Ia sangat bersemangat untuk berlayar menemukan jalur baru menuju sumber kekayaan dari Asia dengan cara berlayar ke arah barat. Hal ini karena banyak daratan yang ditemukan dengan cara berlayar ke arah barat sebagaimana penemuan yang telah didapatkan Columbus yang dilakukan oleh para pendahulunya.

Akhirnya ia berlayar ke arah barat dengan dukungan dari Ratu Isabella dan Raja Ferdinand dari Spanyol. Ia mencari dukungan dari kerajaan dengan penuh semangat. Kerajaan yang didatanginya adalah Portugal, Spanyol, Perancis dan Inggris. Raja Henry VII menolak permintaannya dan hanya Ratu Isabella serta Raja Ferdinand yang mendukungnya. Pelayaran ini tidak sengaja menemukan dunia baru yaitu daratan Amerika. 

Ketidak sengajaan yang lain yang dilakukan Columbus adalah kesalahannya dalam hal ukuran bumi. Ia benar memahami bahwa bumi itu bulat, namun salah dalam mengukur daratan Asia yaitu lebih besar dan lebih dekat ke Spanyol. Setelah berlayar sekitar 3.000 mil, Columbus mengira bahwa dirinya telah melewati Jepang dan bahwa pulau-pulau yang ditemukannya merupakan kepulauan India Timur (Indonesia sekarang), selatan Jepang, meskipun daratan ini jaraknya ribuan mil di sebelah barat.

Inilah penemuan tak sengaja yang dilakukan oleh Columbus selama ia berlayar mengelilingi bumi untuk menemukan jalan tercepat menuju Asia tetapi malah menemukan dunia baru yang disebut Amerika. 

No comments:

Post a Comment

3. Al-Farazi

Al-Farazi (wafat pada tahun 790 M) adalah perintis alat astrolab planisferis yaitu mesin hitung analog pertama, sebagai alat bantu astronomi...