Thursday, June 18, 2020

17. Charles Goodyear (Penemu Karet Vulkanik)



Pada awal abad ke-19, karet alami relatif tidak berguna. Karena sifatnya yang akan meleleh saat terkena panas dan rapuh bila berada pada suhu dingin. Banyak yang sudah mencoba untuk mengubah sifat karet agar tidak terlalu terpengaruh pada perubahan suhu, namun tak seorangpun yang berhasil, sampai Charles Goodyear melakukan suatu terobosan. 

Goodyear sangat terobsesi dengan teka-teki karet, dia mulai mencampur karet dengan sulfur dalam suatu wadah. Suatu hari secara tak sengaja dia menumpahkan campuran karet dan sulfur pada suatu permukaan panas, dan saat itu dia menemukan lapisan seperti kulit menggantikan lelehan pada permukaan panas yang terkena tumpahan campuran tersebut. Saat itu Goodyear sadar bahwa dia telah menemukan sesuatu. Goodyear secara rahasia belajar mencampur antara karet dengan sulfur pada percobaan sebelumnya, namun ia mendapatkan hasil melalui suatu insiden yang tidak disengaja. 



Goodyear telah menghabiskan waktu selama berbulan-bulan untuk menemukan kombinasi yang sempurna antara karet, sulfur dan tinggi temperatur (Goodyear juga menghabiskan banyak uang untuk mematenkan temuannya “vulcanitation”, namun ia didahului oleh pesaingnya Thomas Hancock, yang ironisnya ia menggunakan teknik vulkanis yang terinspirasi oleh Goodyear).

Akhirnya Charles Goodyear memperoleh hak patennya pada tahun 1844. Namun ia telah menghabiskan waktu dan kekayaannya untuk memperoleh hak paten itu sebelumnya, sehingga ia memiliki banyak hutang. Charles Goodyear meninggal pada tahun 1860 dan ia meninggalkan hutang sebesar USD 200.000. Namun akhirnya pengorbanan dan kerja keras Goodyear tidak sia-sia, karena keluarganya bisa menikmati itu semua melalui akumulasi royalti temuannya itu, dan yang lebih berarti lagi, namanya telah terpatri sebagai perintis industri karet modern dunia.

No comments:

Post a Comment

3. Al-Farazi

Al-Farazi (wafat pada tahun 790 M) adalah perintis alat astrolab planisferis yaitu mesin hitung analog pertama, sebagai alat bantu astronomi...