Thursday, November 26, 2020

7. Mostafa el-Sayed



Mostafa el-Sayed (lahir pada tanggal 8 Mei 1933) adalah seorang kimiawan Mesir-Amerika, peneliti non sains yang terkemuka, anggota dari The National Academy of Sciences dan seorang penerima penghargaan US National Medal of Science. Ia juga dikenal karena hukum spectroscopy yang dinamai sesuai dengan namanya yaitu: The El-Sayed rule.

Ia mendapatkan gelar sarjananya di Ain Shams University, fakultas Ilmu Pengetahuan, pada tahun 1953. El-Sayed mendapatkan gelar doktoralnya di Florida State University bersama Michael Kasha, murid dari G. N. Lewis yang legendaris. Dia adalah peneliti di Harvard University, Yale University, dan The California Institute of Technology sebelum bergabung di The University of California di Los Angeles pada tahun 1961. Ia kemudian menjadi profesor pengawas pada bidang kimia dan biokimia di Georgia Institute of Technology. Di sana, ia menjabat sebagai kepala laboratorium Laser Dynamics. El-Sayed sebelumnya juga menjabat sebagai kepala editor di Journal of Physical Chemistry.


No comments:

Post a Comment

3. Al-Farazi

Al-Farazi (wafat pada tahun 790 M) adalah perintis alat astrolab planisferis yaitu mesin hitung analog pertama, sebagai alat bantu astronomi...